Mengenal Istilah SEO, SEM, dan SMO pada Digital Marketing

Program Digital Training Center (DTC)
January 26, 2017
Jadwal training DTC
Jadwal Pelatihan Program Digital Training Center di Tahun 2017
February 3, 2017

Mengenal Istilah SEO, SEM, dan SMO pada Digital Marketing

SEO dan SEM untuk digital marketing

Apa itu SEO dan SEM

Mengenal Istilah SEO, SEM, dan SMO pada Dunia Digital Marketing – Di era yang serba Digital seperti yang kita lihat saat ini membuat banyak Pebisnis-pebisnis di Indonesia pun mulai beralih ke Dunia Digital. Demi mendongkrak Penjualan dan memperluas Jangkauan Konsumen yang baru, mereka mulai merambah ke Dunia Digital. Salah satunya adalah dengan memulai membuat Website yang Atraktif. Namun hanya terlihat menarik saja belum cukup, karena butuh bumbu-bumbu lainnya untuk menarik para konsumen, yaitu dengan SEO, SEM dan SMO.

Mungkin kebanyakan dari kita hanyalah mengenal SEO, namun istilah SEM dan SMO masih belum terlalu familiar oleh sebagian Masyarakat Indonesia. Untuk anda yang ingin merambah dunia Digital marketing haruslah mengenal tentang ketiga Istilah ini. Oleh karena itu di artikel kali ini, DTC (Digital Training Center) akan menjelaskan sekilas mengenai ketiga Istilah tersebut.

Mengenal Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah metode atau cara untuk mengoptimasi Website atau sebuah konten supaya mudah ditemukan oleh Mesin Pencari. Mesin Pencari disini seperti Google, yahoo, Bing dan lainnya. Untuk lebih simple nya SEO itu adalah Cara supaya website atau Konten yang anda Posting di Internet berada di Halaman satu Google.

Dengan Teknik ini anda akan mendapatkan Hasil pencarian Organik alias Free tanpa menggunakan Ads/Iklan yang berbayar. Untuk melakukan Teknik SEO ini, Website atau Konten yang anda miliki terdapat elemen-elemen yang disukai oleh Mesin Pencari. Diperlukan juga riset internet sebelum memulainya.

Mengenal apa itu SEM?

SEM (Search Engine Marketing) ini adalah Penggunaan Ads/Iklan Online pada mesin pencari untuk membantu Halaman Website yang kita miliki mudah ditemukan oleh pengunjung. Istilah SEM ini hampir sama dengan SEO. Bedanya SEM ini melibatkan Ads/iklan yang berbayar, Sedangkan SEO Organik atau Free alias Gratis. SEM juga menggunakan sistem PPC (Pay Per Click), yang dimana Pihak yang melakukan Iklan / ads akan dikenakan biaya ketika ada yang mengklik iklan mereka. SEM biasanya melibatkan Adwords, yahoo, Iklan Bing atau lainnya.

Mengenal apa itu SMO?

SMO (Social Media Optimization) merupakan teknik atau cara yang dilakukan untuk mengoptimasi Media Sosial yang kita miliki. Saat ini sudah mulai banyak pebisnis mulai melirik Media Sosial untuk membagikan beberapa aktivitas di dunia Bisnisnya, sehingga terjadi berbagai interaksi. Selain itu Media sosial juga digunakan untuk membagikan Konten yang ada di Website.

SMO ini biasanya menggunakan situs Website/blogging, sharing foto atau video, Penggunaan RSS Feed, media sosial, dan lainnya. Dengan tujuan yang sama dengan SEO, yaitu menggiring Pengguna Media sosial menuju Website yang kita miliki, sehingga dapat meningkatkan Trafik website yang kita miliki.

foto solvedo

(Visited 315 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *